Sedekah Ketupat, Tradisi Warga Cilacap Barat pada Rebo Wekasan yang Tetap Dilestarikan

- Kamis, 22 September 2022 | 14:23 WIB
Tradisi Sedekah Ketupat pada Rebo Wekasan yang dilakukan warga Cilacap Barat, Jawa Tengah (Dok. Pemkab Cilacap)
Tradisi Sedekah Ketupat pada Rebo Wekasan yang dilakukan warga Cilacap Barat, Jawa Tengah (Dok. Pemkab Cilacap)

AYOMEDAN.ID -- Pada Rebo Wekasan atau Rabu terakhir bulan Safar, masyarakat Indonesia biasa mengisinya dengan berbagai tradisi.

Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Cilacap Barat, Jawa Tengah. Mereka menggelar sebuah tradisi bernama Sedekah Ketupat, tepat pada Rebo Wekasan atau Rabu terakhir bulan Safar. 

Warga di Cilacap Barat biasa menyebut tradisi Sedekah Ketupat ini dengan "Bada Kupat".

Baca Juga: 6 Amalan Rebo Wekasan yang lazim Dilakukan Umat Islam Indonesia

Tradisi Sedekah Ketupat, adat yang rutin digelar di wilayah Cilacap Barat tahun ini mulai dikemas dalam Festival Budaya di Desa Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, pada Rabu, 21 September 2022.

Sedekah Ketupat merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Cilacap Barat, terutama Kecamatan Dayeuhluhur, dan Wanareja. Tradisi ini dimulai sekitar abad 16, ketika pasukan Siliwangi siap melawan pasukan Kerajaan Demak.

Kala itu, rombongan dari tanah pasundan tersebut melintas di Kawasan yang kini dikenal sebagai wilayah Kecamatan Dayaeuhluhur. Masyarakat setempat memberikan sambutan dengan memberikan bekal berupa ketupat untuk pasukan Siliwangi.

Selanjutnya, tradisi ini terus dilakukan sebagai pesan bahwa masyarakat Dayeuhluhur sangat mengagungkan para tamu. Masyarakat setempat akan menyambut, menjamu, dan menjamin keselamatan setiap tamu selama berada di Dayeuhluhur.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Paiman menjelaskan, menilik akar sejarahnya yang berasal dari Kecamatan Dayaeuhluhur, dan Wanareja, festival ini dapat dilaksanakan di dua tempat itu secara bergiliran.

Halaman:

Editor: Arman

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Bakal Terbitkan SIM Khusus Motor 250 cc

Kamis, 29 September 2022 | 19:21 WIB
X