MEDAN, AYOMEDAN.ID - Bank Mandiri memperkuat dukungan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor yang terjadi di sejumlah wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat pada akhir November 2025.
Peristiwa ini mengakibatkan ribuan warga mengungsi dan sejumlah akses transportasi terganggu, sehingga diperlukan respons cepat untuk memastikan ketersediaan bantuan dasar bagi warga yang terdampak.
Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara menjelaskan, melalui sinergi relawan Mandirian, Mandiri Amal Insani (MAI) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemerintah setempat, TNI, Polri, dan aparat daerah lainnya, Bank Mandiri telah menyalurkan lebih dari 2.000 paket bantuan untuk mendukung kebutuhan warga di berbagai titik terdampak bencana.
Bank berlogo pita emas ini menyebut, aksi cepat ini merupakan bentuk komitmen perseroan dalam mendampingi masyarakat di masa darurat. “Kami bersama relawan Mandirian memperkuat sinergi dengan BPBD, pemerintah daerah, TNI, dan Polri agar distribusi bantuan berlangsung cepat dan aman. Dalam kondisi darurat, koordinasi lintas-instansi menjadi kunci,” ujar Ossy, sapaan akrab Ashidiq dalam keterangan resminya, Minggu (30/11).
Adapun, bantuan mencakup kebutuhan pokok, perlengkapan tidur darurat, alat mandi, pelampung, serta peralatan kebersihan. Distribusi dilakukan melalui Banda Aceh, Sibolga, Medan, Nias, Tanjung Pura, Pangkalan Brandan, Stabat, serta titik-titik lain yang memungkinkan dijangkau tim lapangan. Di Sumatera Barat, bantuan diserahkan ke BPBD Padang, Pasaman Barat, dan Kabupaten Agam untuk mendukung dapur umum dan kebutuhan dasar penyintas.
“Beberapa jalur distribusi sempat terpengaruh kondisi cuaca, namun tim kami tetap memastikan proses penyaluran melalui rute alternatif dengan dukungan aparat daerah. Prioritas kami adalah memastikan warga terdampak menerima bantuan yang paling dibutuhkan,” lanjut Ossy.
Dia menyebut, relawan Mandirian turut membantu operasional posko, dukungan evakuasi, serta koordinasi di lapangan. Seluruh rangkaian aksi merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bank Mandiri yang terus mengakselerasi penyaluran bantuan di wilayah rawan bencana.
Lebih lanjut, Bank Mandiri menyampaikan empati yang mendalam kepada masyarakat terdampak dan memastikan dukungan akan terus diperkuat hingga situasi kembali stabil.
“Kami percaya bahwa kolaborasi masyarakat, pemerintah, BPBD, TNI, Polri, dan dunia usaha menjadi motor percepatan pemulihan. Bank Mandiri akan terus hadir mendampingi warga Sumatera melewati masa sulit ini, sekaligus memantau perkembangan situasi di wilayah terdampak dan secara proaktif menyiapkan dukungan tambahan yang dibutuhkan,” pungkas Ossy.
Artikel Terkait
HK Peduli Pendidikan: Menyalakan Harapan Generasi Emas dari Tanah Terpencil
Armada, Jamrud, DJ Yasmin dan SRF Siap Ramaikan Suara Loka Medan
Sinergi Dengan Kementerian Perumahan, Bank Mandiri Akselerasi Program 3 Juta Rumah Melalui Sosialisasi KPP Di Medan
PWI Sampaikan Maaf Usai Website Diretas
Bank Mandiri Rayakan HUT ke-27 dengan Pasar Murah di Sumatera Utara, Wujud Sinergi Majukan Negeri untuk Masyarakat
PWI Pusat Tegaskan Komitmen Penguatan Keamanan Siber
Wujud Baik Hadirkan Tawa dan Kepedulian di Panti Asuhan Ade Irma Suryani Nasution
Jaksa Agung Ajak Sinergi PWI Pusat
DPD RI dan PWI Pusat Sepakat Galakkan Kampanye Green Democracy Menyambut HPN 2026
Menko Polkam dan PWI Sepakat Jalin Kerja Sama Literasi