Mahfu MD, Pengesahan RUU Data Pribadi Tidak Ada Hubungannya dengan Hacker Bjorka

- Kamis, 22 September 2022 | 13:43 WIB
Mahfud MD menyatakan data yang disebar Bjorka adalah salah dan tidak ada kebocoran data negara sama sekali. (Foto: polkam.go.id)
Mahfud MD menyatakan data yang disebar Bjorka adalah salah dan tidak ada kebocoran data negara sama sekali. (Foto: polkam.go.id)

AYOMEDAN.ID—Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan, RUU Perlindungan data Pribadu (PDP) tidak ada hubungannya dengan hacker Bjorka.

Menurut Mahfud MD, RUU PDP sudah dirancang jauh hari sebelum kemunculan hacker Bjorka yang akhirnya membuat gaduh. Pasalnya, hacker Bjorka hanya peretas biasa yang membocorkan data hasil buatan sendiri.

Baca Juga: Mahfu MD, yang Disebar Hacker Bjorka Data Buatan Sendiri

“Apa data yang dibocorkan Bjorka? Tidak ada, itu data buatan sendiri aja terus disebar,” kata Mahfud MD yang dilansir dari www.pmjnews.com

Mahfud MD menyatakan, pengesahan RUU PDP sebelumnya sudah mengalami pembahsan dan kajian mendalam. Oleh karenanya, RUU PDP tidak da kaintannya dengan hacker Bjorka.

RUU PDP sudah lama dibahas. Tidak ada kaitannya dengan kebocoran data soal Bjorka,” ujar Mahfud kepada awak media di Surabaya, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Kapan Film G30S PKI 2022 Tayang di TV? Sebelum Nonton, Simak dulu Sinopsisnya

Mahfud melanjutkan, sebelum disahkan, RUU PDP sudah melalui kajian panjang yang dilakukan pemerintah bersama DPR. Hal itu sudah berlangsung selama dua tahun sebelum akhirnya disahkan kemarin.

“Ini sudah dua tahun dibahas” ucapnya.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: pmjnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Bakal Terbitkan SIM Khusus Motor 250 cc

Kamis, 29 September 2022 | 19:21 WIB
X