Renungan Harian Kristen Jumat 23 September 2022, Jangan Khawatir

- Jumat, 23 September 2022 | 07:27 WIB
Ilustrasi ketakutan.
Ilustrasi ketakutan.

AYOMEDAN.ID—Renungan Kristen hari Jumat 23 September 2022. Jawaban Tuhan Untuk Kekhawatiran.

Dalam 2 Timotius 1:7 firman Tuhan berkata ‘Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan.’

Siapa yang tidak memiliki rasa takut? Setiap kita pasti memiliki rasa takut. Entah itu takut kepada hewan buas, takut kegelapan, takut ketinggian, atau bahkan takut menghadapi masa depan.

Hari ini kita akan dicerahkan oleh renungan firman Tuhan untuk mengatasi rasa takut.

Alkitab berkata, ‘Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.’ Mengatasi rasa takut dimulai dengan memahami bahwa rasa takut adalah ‘roh’, dan itu tidak berasal dari Tuhan. Setiap kali Anda menyadarinya, Anda cenderung tidak akan menyerah padanya. Jadi, apa yang Tuhan berikan kepada kita sebagai ganti rasa takut? Tiga hal:

(1) Kekuatan. Sekarang kita tidak hanya berbicara tentang teknik menolong diri sendiri dan manajemen stres. Ini lebih dalam dari pengurangan kecemasan untuk membuat hidup Anda lebih menyenangkan. Ini adalah keyakinan teguh yang turun ke inti keberadaan Anda, bahwa semua hal yang menyangkut Anda berada di tangan Tuhan yang pengasih yang hanya memikirkan yang terbaik untuk Anda. Karena itu, semuanya akan baik-baik saja, dan Anda dapat hidup bebas dari kekhawatiran.

(2) Kasih. Alkitab berkata, ‘kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan.’ (1 Yoh 4:18) Hanya ketika Anda menyadari bahwa Anda dicintai tanpa syarat oleh Tuhan yang tidak pernah berubah pikiran tentang Anda, Anda akan belajar untuk mencintai dan menerima diri sendiri, dan kemudian dapat mencintai dan menerima orang lain. Dapatkah Anda membayangkan efeknya terhadap ketakutan Anda terhadap orang lain, ketakutan akan penolakan, dan ketakutan akan kritik? Jenis cinta ini lebih dari sekadar emosi ‘merasa nyaman’; itu adalah kekuatan yang mengubah hidup.

(3) Pikiran yang sehat. Paulus menulis: ‘Karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.’ (2 Kor 10:4–5)

Ketiga hal ini adalah jawaban Tuhan atas kekhawatiran.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: www.jappri.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Edy Rahmayadi Minta Desa Jadi Ujung Tombak Tekan Inflasi

Kamis, 29 September 2022 | 20:36 WIB

Pemko Medan Mulai Salurkan BLT BBM Mulai Oktober 2022

Kamis, 29 September 2022 | 20:30 WIB
X