Dari Menurunkan Berat Badan hingga Mencegah Stroke, Ini Manfaat Donor Darah Bagi Wanita Bertubuh Gemuk

- Kamis, 29 September 2022 | 20:04 WIB
Ilustrasi donor darah. (Shutterstock)
Ilustrasi donor darah. (Shutterstock)

AYOMEDAN.ID—Donor darah merupakan aksi sosial yang mulia. Karena mendonorkan anggota tubuh ke orang lain agar kehidupan tetap berlangsung. Terkadang untuk beberapa orang, donor darah masih menjadi hal yang menakutkan.

Mulai dari takut jarum, takut melihat darah dan lainnya. Ada juga alasan karena berat badan berlebih. Ternyata melansir dari www.herworld.co.id donor darah sangat besar manfaatnya bagi wanita yang bertubuh gemuk.

Simak manfaat donor darah bgi wanita gemuk berikut :

Baca Juga: Kantor Polisi Ini Sudah Nikahkan 10 Pasangan di Tahanan

  1. Menurunkan berat badan

Siapa yang menyangka, kegiatan donor darah ini ternyata malah dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan saat kamu sedang mendonorkan darah, kamu telah membakar 650 kalori. Jumlah kalori ini sama dengan kalori yang kamu keluarkan saat melakukan lari selama 30 menit. Tentunya manfaat yang satu ini akan semakin dapat kamu rasakan bila dapat melakukannya secara rutin, yang disertai dengan pola makan dan olahraga yang juga seimbang.

Baca Juga: Menikah di Tahanan, Pengantin Pria: ‘Sudah merencakana pernikahan sejak lama’

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Seperti yang diketahui wanita yang memiliki badan gendut memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke lebih besar. Hal ini dikarenakan penumpukan lemak dan kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah. Bagi kamu yang khawatir akan hal ini, mungkin kamu dapat mulai melakukan donor darah secara rutin. Hal ini dikarenakan, donor darah dapat menjaga sirkulasi darah dengan melancarkan aliran darah. Aliran darah yang lancar dapat menurunkan resiko terjadinya penyumbatan sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Polisi Bakal Terbitkan SIM Khusus Motor 250 cc

  1. Kurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh hampir semua wanita. Agar terhindar dari risiko penyakit kanker, kamu dapat memulai mendonorkan darah. Donor darah ini sendiri membantu mengurangi zat besi yang terlalu berlebih pada tubuh yang biasanya memicu radikal bebas sebagai sumber munculnya kanker.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: herworld.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Aman Berkendara Motor Matik Saat Hujan

Jumat, 25 November 2022 | 10:40 WIB
X