Sebelum Tangani Kasus Ferdy Sambo, JPU Diminta Ditempatkan di Safe House

- Kamis, 29 September 2022 | 17:40 WIB
(Foto Kolase/Ilustrasi Sidang Ferdy Sambo)
(Foto Kolase/Ilustrasi Sidang Ferdy Sambo)

AYOMEDAN.ID—Komisi Kejaksaan (Komjak) mengusulkan para Jaksa Penuntut Umum (JPU) ditempatkan di safe house. JPU ditempatkan di safe house agar mereka tidak mendapat intervenesi dari pihak manapun dalam mengurus kasus Ferdy Sambo.

Pasalnya, berkas kasus Ferdy Sambo dinyatakan lengkap dan siap untuk disidangkan. Tim Khusus Polri akan segera menyerahkan berkas kasus Ferdy Sambo ke pengadilan.

Baca Juga: Polri Tegaskan Ferdy Sambo Tidak Ada Kaitannya dengan Konsorsium 303

Dilansir dari www.pmjnews.com Selain untuk mencegah intervensi, JPU ditempatkan di safe house agar koordinasi bisa berjalan dengan mudah.

“Hal di atas (penempatan di safe house) adalah antara lain langkah-langkah yang direncanakan untuk ditempuh dalam rangka memastikan team JPU bekerja dengan baik, profesional, aman, untuk memudahkan koordinasi dan untuk menghindari alasan-alasan teknis dalam proses penuntutan. Ini hal yang biasa dipersiapkan dalam penanganan tugas-tugas penuntutan yang berkas perkaranya banyak,” ujar Ketua Komjak Barita Simanjuntak dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: Polri Selidiki Dugaan Keterkaitan Ferdy Sambo dengan Konsorsium 303, Ini Hasilnya

JPU diamankan di safe house untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya ketidakadilan dan mencederai proses penegakan hukum.

“Agar proses penuntutan sesuai dengan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan, harus direncanakan dengan baik, termasuk kelancaran proses persidangan, reaksi dan harapan publik. Termasuk adanya kekhawatiran publik adanya dugaan ‘intervensi di luar hukum' dalam kasus ini,” jelasnya.

Baca Juga: Ceramah Singkat Maulid Nabi, Cocok untuk Referensi Materi Dakwah Bulan Rabiul Awal

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: pmjnews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Innalillahi, Paranormal Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 13:05 WIB
X