AYOMEDAN.ID -- Ketika kita menulis, tidak jarang mengalami kesalahan penulisan atau typo. Baik itu salah menulis huruf ataupun penggunakan kata yang kurang pas.
Kesalahan penulisan atau typo bisa menyebabkan tulisan menjadi kurang enak dibaca, bahkan berakibat fatal karena melenceng dari makna sebenarnya.
Typo bisa terjadi pada siapa saja, apalagi ketika menulis kita terburu-buru.
Selain itu faktor perangkat juga menyumbang terjadinya kesalahan dalam penulisan.
Baca Juga: Gmail Rilis Fitur Baru, Pengguna Bisa Melihat Nama Lengkap dan Alamat Email Penerima
Sebetulnya kita bisa meminimalisir kesalahan penulisan dengan memeriksanya secara manual.
Namun terkadang hal ini kurang efektif dilakukan, apalagi jika tulisanya cukup panjang.
Pengecekan secara manual juga cukup memakan waktu, karena kita harus memeriksa tiap kata pada setiap paragraf.
Belum lagi jika diburu waktu, hal ini membuat kefokusan kita dalam memeriksa setiap ejaan akan berkurang.
Jika dengan cara manual dirasa kurang efektif, kamu bisa menggunakan cara cepat dan praktis untuk memeriksa tulisan typo.
Caranya adalah dengan menggunakan surat elektronik atau email dari Gmail. Kemampuan mengoreksi kata pada Gmail cukup membantu meminimalisir kesalahan penulisan.
Caranya mudah, kamu hanya tinggal mengcopy tulisan yang kamu tulis baik di MS Word atau Notepad, ke body text Gmail.
Secara otomatis Gmail akan memeriksa setiap kata, bahkan jika ada frasa yang kurang tepat akan terdeteksi.
Untuk mengetahui apakah penulisan sudah tepat atau tidak, Gmail akan memberikan tanda berupa garis bawah warna merah pada kata yang salah.