Renungan Katolik Jumat 30 September 2022, Sabda Tuhan Pemberi Hidup

- Jumat, 30 September 2022 | 07:14 WIB
Renungan Harian Katolik Jumat 30 September 2022. (Kiwihug/Unsplash)
Renungan Harian Katolik Jumat 30 September 2022. (Kiwihug/Unsplash)

AYOMEDAN.ID—Renungan harian Katolik JUmat 30 September 2022. Peringatan Wajib St. Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja.

Renungan Katolik hari ini bacaan dari Kitab Ayub 38:1.12-21; 39:36-38. Bacaan Injil  Lukas 10:13-16.

 

Renungan

Jika Yesus mengunjungi komunitas kita hari ini, apa yang akan Dia katakan? Apakah Dia akan mengeluarkan peringatan seperti yang Dia berikan kepada Khorazim dan Betsaida? Dan bagaimana kita akan menanggapi? Ke mana pun Yesus pergi, Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk menunjukkan kepada orang-orang betapa banyak yang Tuhan miliki bagi mereka. Khorazim dan Betsaida telah diberkati dengan kunjungan Tuhan. Mereka mendengar kabar baik dan mengalami pekerjaan luar biasa yang dilakukan Yesus bagi mereka. Mengapa Yesus kesal dengan komunitas-komunitas ini?

Yesus memanggil kita untuk berjalan di jalan kebenaran dan kebebasan - keadilan dan kekudusan. Mengapa Yesus meratap dan mengeluarkan peringatan keras? Orang-orang yang mendengar Injil di sini sangat mungkin menanggapi dengan acuh tak acuh. Yesus menegur mereka karena tidak melakukan apa-apa! Pertobatan menuntut perubahan – perubahan hati dan cara hidup.

Sabda Tuhan adalah pemberi hidup dan menyelamatkan kita dari kehancuran - kehancuran jiwa dan juga tubuh. Kemarahan Yesus ditujukan kepada dosa dan segala sesuatu yang menghalangi kita untuk melakukan kehendak Allah dan menerima berkat-Nya. Dalam kasih Dia memanggil kita untuk berjalan di jalan kebenaran dan kebebasan, rahmat dan belas kasihan, keadilan dan kekudusan-Nya. Apakah Anda menerima firman-Nya dengan iman dan penyerahan atau dengan keraguan dan ketidakpedulian?

Tuhan Yesus, beri aku kesederhanaan dan kemurnian iman seperti anak kecil untuk menatap wajah-Mu dengan sukacita dan keyakinan dalam kasih-Mu yang penuh belas kasihan. Singkirkan setiap keraguan, ketakutan, dan pikiran sombong yang akan menghalangi aku untuk menerima kata-kata-Mu dengan kepercayaan dan ketundukan yang rendah hati. Amin.

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: renunganpagi.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tawuran, 26 Pelajar di Medan Diamankan Polisi

Sabtu, 26 November 2022 | 12:28 WIB
X