Polda Sumbar Minta Polantas Tak Cari-cari Kesalahan Pengendara, Terutama Kepada Sopir Angkot dan Ojol

- Rabu, 21 September 2022 | 19:46 WIB
Anggota Polantas menilang pelanggar lalu lintas menggunakan handphone (HP). ((Youtube/NTMC))
Anggota Polantas menilang pelanggar lalu lintas menggunakan handphone (HP). ((Youtube/NTMC))

AYOMEDAN.ID—Polda Sumatra Barat (Sumbar) mengingatkan kepada satuan polisi lalu lintas yang bertugas di wilayah tersebut untuk bersikap humanis dalam penindakan pelanggaran. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Dirlantas Polda Sumbar), Kombes Hilman Wijaya.

Melansir dari www.republika.co.id Ia juga meminta kepada Polantas untuk tidak mencari-cari kesalahan kepada pengendara, terutama pengemudi angkutan umum dan pengemudi angkutan online.

"Ini yang perlu saya tekankan kepada personel di lapangan agar tidak mencari-cari kesalahan yang dilakukan pengendara," kata Hilman di Kota Padang, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Tak Ada Tetangga Melayat, Jenazah Terpaksa Diantar ke Pemakaman oleh Perangkat Desa, Ternyata Ini Penyebabnya

Hilman meminta, selama bisa dibuktikan kebenarannya para pengemudi angkot dan pengemudi angkutan online agar tidak merasa takut kepada Polantas, sebaliknya petugas hendaknya dijadikan sahabat.

"Kita meminta tukang ojek dan angkutan umum agar patuh terhadap aturan lalu lintas. Personel juga jangan asal tilang mereka," ucap Hilman.

Menurutnya, jika petugas terus mencari-cari alasan maka masyarakat akan merasa takut kepada polantas, apalagi masyarakat juga terdampak kenaikan harga BBM.

Baca Juga: Kakek 70 Tahun Nyaris Kehilangan Duit Rp2,2 Miliar Gegara Kena Rayu Gadis Muda

Ia menyatakan, kesalahan kecil cukup dengan teguran saja, lain halnya jika pengendara melakukan kesalahan besar hingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Edy Rahmayadi Minta Desa Jadi Ujung Tombak Tekan Inflasi

Kamis, 29 September 2022 | 20:36 WIB

Pemko Medan Mulai Salurkan BLT BBM Mulai Oktober 2022

Kamis, 29 September 2022 | 20:30 WIB
X