Memetik Semangat Perjuangan dari Hari Lahir Bung Hatta ke-120 Tahun

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 19:44 WIB
Bung Hatta Ajarkan Lebih Mementingkan Orang Lain Daripada Kepentingan Pribadi (Foto:  image: tubanbicara)
Bung Hatta Ajarkan Lebih Mementingkan Orang Lain Daripada Kepentingan Pribadi (Foto: image: tubanbicara)

AYOMEDAN.ID--Indonesia lahir atas jasa para pahlawan, dan bangsa yang besar ini telah melahirkan tokoh nasional. Tokoh nasional terdahulu, semangatnya masih hidup hingga kini bahkan menjadi edukasi dan motivasi bagi generasi penerus.

Banyak tokoh besar yang turut membangun bangsa ini, diantaranya Bung Hatta atau Muhammad Hatta. Tanggal 12 Agustus 2022 nanti, merupakan hari lahir ke-120 tahun bagi Bung Hatta. Pelajaran apa yang bisa dipetik dari hari lahir Bung Hatta?

Melansir dari republika.co.id.

Baca Juga: Diperlakukan Kasar Oleh Majikan, TKW Ini Minta Pulang ke Indonesia

Hari lahir Mohammad Hatta, atau biasa dikenal Bung Hatta, yang ke-120 tahun akan diperingati pada 12 Agustus mendatang. Mengingat itu, semangat juang, karakter, pribadi luhur yang ditunjukkan Bung Hatta disebut sebagai nilai-nilai yang diperlukan dimiliki oleh generasi saat ini dan masa depan.

"Semangat juang, karakter, pribadi luhur yang ditunjukkan oleh Bung Hatta adalah nilai-nilai yang diperlukan dimiliki oleh generasi sekarang ataupun generasi penerus," ujar Ketua Umum Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH), Maizar Rahman, dalam webinar Memperingati 120 Tahun Bung Hatta, Sabtu (6/8/2022).

Mantan Gubernur Organisasi Negara Eksportir Minyak itu mengatakan, Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang ikut berjuang sepenuhnya untuk kemerdekaan Indonesia memberikan kesan-kesannya terhadap Bung Hatta. Dia mengatakan, Bung Hatta adalah seorang pemimpin nasional yang berwatak dan berbudi luhur.

Baca Juga: Badai Matahari akan Hantam Bumi, Bagaimana Efeknya Terhadap Kehidupan?

"Beliau tidak memikirkan diri sendiri namun pasrah kepada Tuhan. Dapat saya rasakan harapan beliau atas hari depan Bangsa dan Negara yang cerah, penuh keadilan dan kemakmuran. Demikianlah kesan yang mendalam dari Sri Sultan Hamengkubuwono ke IX," ujar Maizar.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X