Ini Alasan IDAI Dukung Penuh Wacana Cuti Melahirkan 6 Bulan

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:50 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil (unsplash.com)
Ilustrasi Ibu Hamil (unsplash.com)

AYOMEDAN.ID--Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia atau Ketua IDAI, Dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) menyatakan dukungannya terhadap rencana perpanjangan cuti hamil.

Cuti hamil direncanakan akan diperpanjnag dari 3 bulan menjadi 6 bulan. Rencana ini disuarakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Reguasi yang mengatur cuti hamil sendiri terdapat di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja.

Baca Juga: 33 Rekomenasi Hadiah untuk Meriahkan Lomba HUT RI ke-77 Tahun

Melansir dari suarasumbar.id, Ketua IDAI mengatakan, wacana ini harus mendapatkan dukungan penuh dari para dokter anak, yang nantinya ia akan langsung ditindaklanjuti dengan rekomendasi dukungan dari Satgas ASI IDAI.

"Mungkin nanti Dokter Naomi (Ketua Satgas ASI IDAI) bisa tunggu draf dari satgas ASI, kita dari PP IDAI untuk keluarkan dukungan," ujar Dr. Piprim dalam acara diskusi peringatan Pekan Menyusui Duni 2022, Sabtu (6/8/2022).

Ia menambahkan, wacana cuti melahirkan 6 bulan ini dinilai sangat efektif memastikan para ibu bisa memberikan ASI eksklusif 6 bulan, karena nilai sekaligus bisa mengurangi angka stunting di Indonesia.

Baca Juga: 25 Link Twibbon HUT RI ke-77 untuk Meriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

"Saya kira ini ide bagus, kalau ada cuti 6 bulan, ibu-ibu bisa asi eksklusif, kita akan dukung. Karena ini dampaknya bisa mengurangi stunting ASI eksklusif ini. Ini sejalan dengan maunya pemerintah," sambung Dr. Piprim.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X