12 PMI yang Disekap di Kamboja Tiba di Tanah Air

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:36 WIB
Ilustrasi Penyelundupan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI)  (Dok.tribratanews.polri.go.id)
Ilustrasi Penyelundupan calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) (Dok.tribratanews.polri.go.id)

AYOMEDAN.ID--Sebanyak 12 Pekerja Migran Indonesia (PMI) tiba di tanah air. 12 PMI dari 62 PMI lainnya menjadi korban penipuan dan penyekapan di Kamboja.

Pemerintah terus berupaya untuk memulangkan PMI yang menjadi korban penipuan dan penyekapan di Kamboja.

Akhirnya, atas koordinasi dengan otoritas Kamboja, Pemerintah berhasil membebaskan 62 PMI yang disekap dan memulangkannya ke Indonesia secara bertahap.

Baca Juga: Kenapa Penumpang Pesawat Disarankan Menggunakan Celana Panjang? Ini penjelsannya

Melansir dari republika.co.id, Direktur Pelindungan dan Pemberdayaan Kawasan Asia dan Afrika pada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Brigadir Jenderal Pol Suyanto mengatakan, 12 PMI itu kondisinya baik. Untuk sementara, mereka akan ditempatkan sementara di Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) milik Kementerian Sosial.

Di sana, mereka akan didata dan menjalani asesmen psikologis. "Mereka juga akan diperiksa untuk pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh Bareskrim Polri," kata Suyanto dalam siaran persnya, Sabtu (6/8).

Atas kasus yang menimpa PMI di Kamboja ini, Suyanto mengatakan bahwa BP2MI akan terus berupaya memerangi sindikat pengiriman PMI ilegal. Pihaknya sudah mengetahui modus yang dilakukan jaringan sindikat ini di Indonesia.

Baca Juga: 16 Kata Inspiratif 17 Agustus untuk Caption Instagram, biar HUT RI ke-77 Makin Meriah

"Modus penempatan mereka semua menggunakan visa kunjungan, dari agensi secara online. Mereka PMI tidak tahu akan ditempatkan di Kamboja," ujarnya.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X