Tips Aman Berkendara Motor Matik Saat Hujan

- Jumat, 25 November 2022 | 10:40 WIB
Ilustrasi berkendara dengan motor matik. (Dok. YAMAHA)
Ilustrasi berkendara dengan motor matik. (Dok. YAMAHA)

AYOMEDAN.ID—Memasuki musim hujan untuk para pengendara perlu memperhatikan trik saat melintas. Terlebih mengunakan sepeda motor jenis matik.

Hujan membuat jalanan lebih licin dan tidak sedikit teradpat genangan air. Genangan air jika tidak melihat kondisi motor matik maka bisa menimbulkan masalah.

Dikutip dari rilis resmi Yamaha Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, menerobos hujan dalam kondisi jalanan menjadi lebih licin dari biasa sangatlah menuntut kewaspadaan.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat NU Online Terbaru: Gempa Cianjur, Saatnya Peduli Penderitaan Sesama

Berikut tips dan trik berkendara sepeda motor dari Yamaha Riding Academy:

  1. Pastikan kondisi sepeda motor dalam keadaan baik sebelum digunakan

Cek kondisi rem, ban, dan lampu-lampu sebelum berkendara, khususnya lampu depan, rem, belakang, sein, dan hazard agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Hindari berkendara dengan ban yang sudah aus atau gundul karena kondisi jalan saat hujan lebih licin.

  1. Pahami rute yang akan dilalui

Dengan memahami rute yang akan dilalui kita mengetahui kondisi jalan yang dilalui. Apakah jalan rusak atau berlubang. Pasalnya, saat hujan ada kemungkinan ruas itu tergenang air.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur, Dampak yang Dirasakan Wilayah Lainnya

  1. Pengendara disarankan memakai jas hujan setelan (atasan dan bawahan), helm bervisor bening, sarung tangan, dan sepatu karet.

Hindari menggunakan jas hujan model poncho atau Batman dan menggunakan sandal. Pengendara bisa memanfaatkan bagasi sepeda motor yang lapang untuk membawa perangkat "tempur" hujan ini, sehingga lebih praktis dan tenang berkendara saat hujan.

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Aman Berkendara Motor Matik Saat Hujan

Jumat, 25 November 2022 | 10:40 WIB
X