Renungan Harian Kristen Jumat 25 November 2022, Bertumbuh Lebih Baik

- Jumat, 25 November 2022 | 07:24 WIB
Renungan harian Kristen Jumat 25 November 2022. (Pexels/Ivan Samkov)
Renungan harian Kristen Jumat 25 November 2022. (Pexels/Ivan Samkov)

AYOMEDAN.ID—Renungan harian Kristen Jumat 25 November 2022. Renungan firman Tuhan hari ini membuka hati kita bahw Tuhan Yesus hanyalah satu-satunya pusat dari segala persembahan.

‘Harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan.’ Efesus 4:22

Apakah Tuhan mengharapkan kita untuk bekerja pada pertumbuhan dan perbaikan diri? Ya! Tetapi sama seperti memeriksa diri sendiri adalah sia-sia, demikian juga mencoba untuk berubah jika itu membuat Anda tetap fokus pada diri sendiri dan kalah. Jalan Alkitab untuk berubah adalah berpaling dari diri sendiri dan fokus pada Kristus. Paulus berkata, ‘Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.’ (2 Korintus 3:18)

Tuhan tidak tertarik pada daging yang lebih baik. Di mata-Nya ‘daging yang lebih baik’ tetaplah daging. Dia berada dalam bisnis transformasi karakter, bukan bisnis pengembangan diri. Semua strategi perbaikan diri Anda tidak dapat mengubah sifat diri Anda yang lama. Hanya Tuhan, ‘oleh Roh’, dapat membuat Anda lebih seperti Kristus. Saat Anda ‘lihatlah [melihat dan mempelajari] seperti di cermin [Firman Tuhan]’ Anda menjadi ‘ditransformasikan menjadi gambar yang sama [gambar Tuhan yang kau lihat] dari kemuliaan ke kemuliaan [kelas ke kelas]’. Itu terjadi bukan karena ketabahan Anda, tapi karena anugerah-Nya.

’Jadi, apa yang akan terjadi pada daging saya?’ Anda bertanya. Rencana utama Tuhan adalah menggantinya dan memberi Anda tubuh surgawi yang baru. Itulah sebabnya Paulus menulis: ‘Buanglah sifat dosa lamamu dan cara hidupmu yang lama, yang dirusak oleh nafsu dan tipu daya.’ Dilarang mengubah, menyesuaikan, dan menambal— Anda harus ‘membuangnya mati’!

Seperti lobster atau kepiting yang tumbuh dan melepaskan kurungan cangkang lamanya, saat Anda fokus dan bersekutu dengan Kristus, Anda dilepaskan dari dominasi sifat lama Anda dan tumbuh menjadi yang baru. Anda berubah—dari dalam ke luar.

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: www.jappri.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tawuran, 26 Pelajar di Medan Diamankan Polisi

Sabtu, 26 November 2022 | 12:28 WIB

Pelaku Pungli di Jalan Kompos Medan Ditangkap Polisi

Jumat, 25 November 2022 | 16:19 WIB
X