Tata Cara Sholat Sunnah Rajab Lengkap dengan Bacaan serta Waktunya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 17:21 WIB
Inilah tata cara, waktu dan bacaan sholat sunnah Rajab menurut Imam Al-Ghazali (Unsplash/afiq fatah)
Inilah tata cara, waktu dan bacaan sholat sunnah Rajab menurut Imam Al-Ghazali (Unsplash/afiq fatah)

AYOMEDAN.ID -- Di bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal saleh. Salah satunya melaksanakan sholat sunnah Rajab.

Sholat sunnah Rajab merupakan salah satu amalan yang dianjurkan selaian puasa Rajab.

Menurut Imam al-Ghazali, sholat sunnah Rajab memiliki keistimewaan, yakni permohonan yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Puasa Sunnah Rajab di 10 Hari Pertama, Beserta Niat dalam Bahasa Latin dan Artinya

Seperti diketahui, Rajab merupakan bulan mulia yang penuh keberkahan di dalamnya.

Dalam Islam terdapat empat bulan mulia yaitu bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Hal itu sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surat At-Taubah ayat 36.

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: "Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa." (QS. At Taubah ayat 36).

Baca Juga: Ini 18 Nama Bulan Rajab dan Artinya yang Jarang Diketahui Banyak Orang, Salah Satunya Mata Tombak

Halaman:

Editor: Arman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X