Atasi Banjir di Medan, Bobby Nasution Bangun Kolam Retensi

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:01 WIB
12 Jam Lebih Banjir Genangi Jalan Doktor Mansyur Medan, Bobby Wali Kota Medan Tinjau Lapangan.
12 Jam Lebih Banjir Genangi Jalan Doktor Mansyur Medan, Bobby Wali Kota Medan Tinjau Lapangan.

AYOMEDAN.ID--Pembenahan drainase dan sungai melalui normalisasi merupakan langkah konkret yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam menangani banjir di Kota Medan.

Selain itu menantu Presiden Joko Widodo ini akan membangun beberapa kolam retensi yakni tempat penampungan air hujan sementara waktu yang berfungsi untuk memotong puncak banjir yang terjadi dalam badan air atau sungai.

Baca Juga: Ultah Ke-71 Tahun, Kak Seto Ingin Dipanggil Kek Seto

Danau Martubung di Griya Martubung, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan merupakan salah satu yang akan dijadikan kolam retensi guna mengatasi banjir di kawasan tersebut. Kemudian, rencana pembangunan kolam retensi di Jalan Abdul Hakim, Kelurahan PB Selayang I, persisnya tak jauh dari Kantor Camat Medan Selayang guna mengatasi banjir yang selama ini terjadi akibat meluapnya Sungai Selayang.

“Pemko Medan akan membangun kolam retensi dekat Kantor Camat Medan Selayang. Kini sedang dilakukan proses pembebasan lahan," kata Bobby Nasution saat meninjau lokasi banjir di Jalan Dr Mansyur Medan.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Kelahiran Cucunya yang Kelima, Anak dari Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

Selain pembangunan kolam retensi, jelas Bobby Nasution, Pemko Medan juga tengah melakukan penanganan drainase dan sungai. Sebab, keduanya merupakan kunci dalam mengatasi persoalan banjir di Kota Medan.

"Drainase ini erat kaitannya dengan  banjir yang terjadi di perkotaan karena tingginya intensitas hujan. Sedangkan sungai, terkait banjir yang terjadi akibat meluapnya sungai. Jadi penanganan keduanya harus sejalan, tidak boleh salah satu," jelasnya.

Baca Juga: Bengkulu Berpotensi Gempa 8,9 Magnitudo, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Halaman:

Editor: Frans C Mokalu

Sumber: pemkomedan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tawuran, 26 Pelajar di Medan Diamankan Polisi

Sabtu, 26 November 2022 | 12:28 WIB
X