SEMUA TENTANG MEDAN
 

4 Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Diabetes dan Sembelit

Kamis, 08 Juli 2021
PENULIS Redaksi AyoBandung.Com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Jus Lidah Buaya untuk Diabetes  

AYOMEDAN.ID- Lidah buaya yang banyak diolah menjadi produk kecantikan rupanya juga bisa dimanfaatkan menjadi jus lidah buaya. Selain dikenal dengan rasanya yang menyegarkan, jus lidah buaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, ada risiko efek samping jus lidah buaya yang perlu Anda ketahui sebelum mengonsumsinya.

Tanaman lidah buaya atau aloe vera mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa zat yang terkandung di dalam lidah buaya adalah gula, sejumlah enzim, vitamin, mineral, sterol, saponin, asam amino, asam salisilat, serta senyawa khusus, seperti anthraquinones.

Beragam Manfaat Jus Lidah Buaya untuk Kesehatan
\nOrang yang pernah menjalani diet alkaline pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman ini. Jus lidah buaya adalah salah satu minuman yang dikonsumsi saat menjalani diet tersebut. Hal ini karena jus ini memiliki sifat alkali, sehingga mampu menurunkan tingkat keasaman dalam tubuh.

AYO BACA : Mengenal Buah Kawista dan 6 Manfaatnyta untuk Kesehatan Tubuh

Dinukil dari Aldokter.com, selain karena bersifat alkali, jus lidah buaya juga memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan tubuh, yaitu:

1. Mencegah dehidrasi
\nTanaman lidah buaya kaya akan air yang dapat mencegah dan mengatasi dehidrasi. Bagi Anda yang rutin berolahraga, jus lidah buaya dapat menjadi salah satu minuman yang dapat memulihkan stamina tubuh, serta bisa membantu membersihkan asam laktat yang menumpuk setelah berolahraga.

2. Menyehatkan kulit
\nLidah buaya yang memiliki efek hidrasi diyakini juga bisa mengurangi risiko munculnya jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan alami yang bisa mengurangi peradangan.

AYO BACA : Lhoukseumawe Bakal Hukum Pelanggar prokes dengan penjara 1 Tahun

3. Mengatasi sembelit
\nBagi Anda yang sedang mengalami sembelit, cobalah mengonsumsi jus lidah buaya. Hal ini karena kandungan anthraquinones yang ada di dalamnya memiliki efek laksatif. Namun, penggunaannya harus sangat hati-hati, karena keamanannya belum terbukti, terlebih jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang lama.

4. Mengontrol kadar gula darah
\nMenurut salah satu penelitian, jus lidah buaya dapat mengontrol kadar gula darah. Namun, manfaat ini masih kontroversi, karena ada penelitian lain yang menunjukkan hasil sebaliknya.

Ketahui Risiko Efek Samping Jus Lidah Buaya
\nMeski diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan, Anda juga perlu mengetahui beberapa efek samping dari jus lidah buaya, yaitu:

    \n
  • Meningkatkan risiko keguguran.
  • \n
  • Menyebabkan kram dan nyeri perut, jika dikonsumsi berlebihan. Mengonsumsi produk lidah buaya yang masih mengandung lateks dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan diare, gangguan ginjal, gangguan elektrolit, dan gangguan fungsi hati.
  • \n

Jus lidah buaya juga bisa berinteraksi dengan obat tertentu. Jadi jika kamu sedang mengonsumsi obat, tanyakan kepada dokter apakah boleh mengonsumsi jus lidah buaya. Pasalnya, jus lidah buaya mungkin akan meningkatkan efek samping obat yang Anda konsumsi.

Jus lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jus lidah buaya.

AYO BACA : 5 Situs Streaming Nonton Drama Korea Subtittle Indonesia

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT