SEMUA TENTANG MEDAN
 

Telkomsel, Smartfren, dan Indosat Dukung Layanan 5G

Selasa, 22 Juni 2021
PENULIS Editor    SOURCE Ayocirebon.com    EDITOR Ananda M. Firdaus
Ilustrasi jaringan internet 5G. (Pixabay)  

MEDAN PETISAH, AYOMEDAN.ID -- Setelah Telkomsel, operator seluler yang menghendaki adanya layanan jaringan 5G di Indonesia adalah Indosat Ooredoo. Sebelum Indosat atau setelah Telkomsel, belum lama ini Smartfren melakukan uji coba jaringan 5G bekerja sama dengan Kominfo.

Indosat Ooredoo sendiri mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertama di Solo. 

Layanan 5G baru di Solo tersebut menawarkan konsumen dan pelanggan bisnis Indosat Ooredoo akses internet broadband seluler yang lebih cepat demi mewujudkan transformasi digital dan pemulihan ekonomi di kota tersebut.

AYP BACA: Mengenal Jaringan 5G di Indonesia, Cara Akses dan Harga Paket Telkomsel 

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, peluncuran jaringan teknologi generasi kelima akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia dan mendorong inovasi bisnis di semua industri. 

"Hari ini menandai awal perjalanan kami dalam mendorong revolusi 5G di seluruh negeri, memajukan bangsa menuju masa depan yang mendukung 5G," ujar dia, mengutip Hitekno.com, Selasa, 22 Juni 2021. 

Sementara itu Smartfren pada 17 Juni 20210, melakukan uji coba 5G untuk memperlihatkan kinerja dan kemampuan teknologi telekomunikasi terbaru ini. Beberapa hal yang dilakukan pada uji coba kali ini memperlihatkan skenario penerapan teknologi 5G pada berbagai variasi perangkat, seperti penggunaan 5G pada Modem WiFi (MiFi), serta pemutaran video 360, virtual reality (VR), VR Game dan augmented reality (AR).

President Director Smartfren Merza Fachys mengatakan, kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Sebelumnya pihaknya juga sempat memperlihatkan skenario 5G untuk industri sebelum akhirnya mencoba skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. 

“Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar,” kata Merza dalam keterangan tertulis kepada Ayocirebon.com, Kamis, 17 Juni 2012.

AYO BACA: Menkominfo Dorong Operator Seluler Implementasikan Internet 5G 

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Johnny G. Plate percaya adanya layanan 5G bisa mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional. 

Meskipun 4G, sebut Johnny, masih menjadi tulang punggung transformasi digital di Indonesia, pihaknya berharap komersialisasi 5G dapat berkontribusi mewujudkan visi nasional menjadi digital powerhouse di kawasan. 

"Mari bersama kita pastikan kehadiran layanan 5G ini akan membawa beragam manfaat bagi bangsa dan berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi," kata dia.

AYO BACA: 3 Alasan Masuk Akal untuk Menunda Pembelian HP 5G

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT