SEMUA TENTANG MEDAN
 

Tak Perlu Buru-buru Beli HP 5G, Ini Sederet Alasannya

Rabu, 16 Juni 2021
PENULIS Ananda M. Firdaus    EDITOR Ananda M. Firdaus
ilustrasi jaringan HP. (Pixabay)  

MEDAN PETISAH, AYOMEDAN.ID -- Memang HP yang kompatibel dengan jaringan 5G sudah mulai bermunculan di Indonesia. Namun apakah sudah tepat untuk kita membelinya saat ini juga?

Tak bisa dipungkiri, era 5G memang telah tiba di Indonesia. Dengan kecepatan lebih tinggi dan latensi yang sangat rendah dibanding pendahulunya, teknologi generasi kelima ini membawa banyak keuntungan bagi pengguna smartphone.

Salah satu use case yang hadir di era 5G adalah pengalaman gaming yang lebih responsif dari pada sebelumnya. Bahkan, 5G juga akan memungkinkan gamers untuk dapat menikmati cloud gaming, selayaknya masyarakat menonton film lewat layanan OTT di era 4G.

Brand smartphone sudah mulai memperkenalkan perangkat 5G sejak tahun 2019, bahkan saat jaringan 5G belum hadir di Indonesia. Setelah jaringan 5G tersedia, apakah ini berarti saat yang tepat untuk masyarakat mengupgrade smartphone-nya agar bisa merasakan manfaat dari 5G? Jawabannya mungkin iya, tapi ternyata nggak juga lho. Kamu tidak harus terburu-buru untuk beli smartphone 5G sekarang juga.

Simak alasan-alasan menunda membeli HP 5G, sebagaimana dikutip dari keterangan Poco Indonesia.

1. Perangkat 5G akan terus berkembang

Ekosistem 5G yang sudah berkembang penuh memiliki peranan penting agar masyarakat dapat menikmati manfaat keseluruhan dari teknologi generasi kelima. Smartphone berteknologi 5G akan terus berkembang sejak pertama kali diperkenalkan.

Spesifikasi yang diberikan juga semakin mendukung ragam inovasi yang hadir bersama jaringan 5G. Semakin akrab brand smartphone dengan 5G, maka akan semakin matang pula perangkat 5G yang akan mereka bawa ke pasar. Maka dari itu, tidak perlu tergesa-gesa untuk membeli perangkat 5G sekarang.

2. Belum ada perangkat 5G dengan fitur yang pas dengan kebutuhan pengguna

Perangkat 5G yang diperkenalkan sejauh ini menawarkan fitur pelengkap yang kurang sesuai dengan kebutuhan pengguna smartphone kebanyakan. Ada fitur yang tidak diperlukan tapi tetap ditawarkan sehingga memengaruhi harga smartphone 5G menjadi tidak terjangkau, begitu pun sebaliknya.

Ke depannya, brand smartphone akan lebih kritis dalam menggabungkan fitur pelengkap untuk smartphone 5G. Jadi, mungkin ada baiknya untuk menunggu beberapa saat dan membeli perangkat 5G dengan fitur yang benar-benar pas dengan kebutuhan kamu.

3. Harga perangkat 5G masih terbilang mahal

Perangkat 5G mulai hadir di jajaran smartphone flagship di mana harganya masih terbilang mahal. Hal ini yang juga menjadi alasan masyarakat untuk tidak lebih dulu mengupgrade smartphone-nya menjadi perangkat 5G-ready. Tetapi, belakangan ini brand smartphone semakin berkomitmen untuk membawa smartphone 5G yang terjangkau bagi kebanyakan masyarakat.

Oleh karena itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan tren teknologi terbaru, agar dapat membuat keputusan untuk membeli smartphone 5G yang paling pas dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu.

Tidak perlu tergesa-gesa untuk membeli smartphone 5G. Sebagai pengguna smartphone yang bijak, kamu hanya perlu mengikuti perkembangan perangkat 5G di Indonesia sebelum membuat keputusan.

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT