SEMUA TENTANG MEDAN
 

Doa Niat Wudhu, Rukun Wudhu dan Manfaat Air Wudhu Bikin Wajah Bersinar

Selasa, 30 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    EDITOR A. Dadan Muhanda
Niat Doa Wudhu dan manfaat Air wudhu bagi kulit dan wajah bikin bersinar (republika)  

AYOMEDAN.ID -- Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat. Wudhu merupakan salah satu cara untuk mensucikan anggota tubuh, terutama untuk sholat

Namun, selain berfungsi untuk mensucikan saat sholat, ternyata kita juga dianjurkan rutin berwudhu untuk berbagai aktivitas di pagi hari, sebelum tidur, maupun sesudah memulai aktivitas lain.

Sebab, ada banyak sekali manfaat dari wudhu, selain menambah pahala ibadah tentunya. Terutama untuk wanita muslimah, berwudhu ternyata memiliki manfaat lain yaitu untuk kecantikan.

Dari pada sibuk mengenakan riasan wajah, lebih baik Anda memulai untuk membiasakan diri berwudhu karena wudhu juga mempunyai manfaat untuk kecantikan wajah dan kesehatan kulit. Apalagi saat akan mulai beraktivitas.

Apa saja maanfaat wudhu untuk kesehatan dan kecantikan wajah wanita, berikut  dilansir Sahijab.com:

Menurut ustaz Adi Hidayat, Lc, MA dalam akun Youtube Ceramah Pendek, menyebutkan jika wudhu memiliki arti secara fiqih adalah cahaya yang terang atau kebaikan. "Orang-orang yang seakan-akan wajah itu ada cahaya," kata ustaz Adi.

Manfaat lain wudhu untuk kecantikan wajah

1. Menghilangkan kotoran dari wajah

Lebih dari itu, wudhu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Saat kita membasuh wajah secara rutin dengan air, minimal lima kali sehari, maka kotoran tidak akan menempel di wajah.

Kita tahu, jika kotoran yang menempel di wajah bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Nah, dengan membasuh wajah secara rutin dengan wudhu, maka wajah akan terhindari dari kotoran.

2. Kulit wajah selalu terhidrasi

Wajah yang selalu basah oleh air wudhu bisa dipastikan akan bebas dari kulit kering dan berminyak. Jika wudhu dilakukan dengan benar, maka kulit wajah dan anggota tubuh lainnya akan selalu terhidrasi atau membuat kulit tetap lembab.

3. Mencegah penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit disebabkan oleh kotoran dan kulit yang tidak terhidrasi dengan baik. Bisa juga kulit mati yang tidak terkelupas dengan sempurna. Sehingga dengan rutin berwudhu, kulit akan selalu terjaga kebersihannya.

Maka tidak heran, jika ada anggapan di masyarakat jika wanita yang rutin berwudhu akan terpancar cahayanya meskipun tidak mengenakan riasan wajah.

4. Memancarkan aura kebaikan

Seperti yang dikatakan ustaz Adi Hidayat, jika wudhu memiliki arti kebaikan atau aura yang terpancar. Maka bagi wanita yang rutin berwudhu minimal lima kali sehari, akan mengeluarkan auranya kebaikan dari dirinya. Atau biasa kita sebut sebagai innerbeauty.

Tidak perlu membeli riasan mahal bagi seorang muslimah, karena wudhu adalah 'senjata' yang sangat ampuh untuk memancarkan kecantikan seseorang.

Manfaat wudhu di atas tentu bisa dirasakan setiap muslim, bukan hanya wanita muslimah saja. Jadi, tidak perlu perawatan mahal dan lama saat ingin memperlihatkan kecantikan wajah alami kita. Cukup rutin berwudhu di waktu salat.

AYO BACA : Kiat Agar Terbiasa Tahajud dan Keutamaan Shalat Malam

 

Rukun Wudhu

Dalam fiqih mazhab Syafi’i, ada enam hal yang menjadi rukun wudhu.

Yakni niat, membasuh muka, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib.

Hal itu sesuai dengan petunjuk Allah SWT dalam Al Quran, QS Al Maidah ayat 6, sebagai berikut :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan taganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuhlah) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al-Maidah: 6).

Doa Mengambil Air Wudhu

Bacalah niat ambil ai wudhu dengan tulus dan kesungguhan hati, berikut bacaannya:

“Nawaitul Wudhuu-A Liraf’ll Hadatsil Ashghari Fardhal Lilaahi Ta’aalaa”

Artinya :
“Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.”

Setelah itu baca niat, kemudian jangan lupa membaca basmalah sambil memasuh kedua telapak tangan sebanyak 3 kali hingga ke sela-sela jari.

Tapi, jikalau kamu lupa membaca basmalah, wudu tetap dianggap sah.

Syarat Air Wudhu

Melansir dari situs islam.nu.or.id, jumlah batas keabsahan air sebenarnya tidak ditentukan selama mencukupi untuk menunaikan rukun wudhu.

Tetapi, para ulama sepakat bahwa jumlah air wudu tidak boleh berlebihan.

Hal ini pun diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw saat berwudu seperti berikut:

كَانَ النَّبِىُّ ﷺ يَغْسِلُ أَوْ كَانَ يَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ وَيَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ

“Nabi Muhammad ﷺ mandi besar dengan air satu sha’ hingga empat mud dan berwudhu dengan air satu mud.” (HR. Bukhari).

Jadi, cara mengambil air wudhu yang benar sejumlah satu mud air.

Satu mud air adalah sejumlah air yang diambil dengan dua telapak tangan orang dewasa ketika disatukan.

Telapak tangan yang menjadi patokan adalah telapak tangan standar orang Arab, sedikit lebih lebar dari telapak tangan orang Indonesia.

 

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT