SEMUA TENTANG MEDAN
 

Ledakan Dahsyat di Kilang Balongan Indramayu Buat Warga Mengungsi

Senin, 29 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    SOURCE Ayocirebon.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Kilang Minyak Balongan di Indramayu Meledak  

INDRAMAYU, AYOMEDAN.ID -- Sejumlah warga di sekitar Kilang Minyak Balongan Indramayu yang meledak diungsikan ke Pendopo Kabupaten Indramayu.

Warga yang mengungsi berada di radius 3 KM dari pusat ledakan.

" Warga mengungsi karena kobaran api sangat hebat, warna langit bahkan memerah terang," kata Anis warga Jalan Terusan Sindang kepada Ayocirebon, Senin (29/3). 

Namun, Senin pagi warga yang mengungsi sudah diizinkan kembali ke rumahnya masing-masing.

Terjadi ledakan dahsyat di Kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar, Senin (29/3) dinihari pada pukul 01.30.

Informasi yang dihimpun Ayocirebon, Kilang tersebut meledak dan terbakar. Kobaran api terlihat membumbung tinggi dan terpantau dari jarak jauh. Bahkan langit di wilayah Indramayu menjadi merah menyala.

Puluhan mobil pemadam kebakaran dari Indramayu tengah berjibaku memadamkan kobaran api. Selain itu, ruas jalan utama Indramayu - Cirebon untuk sementara ditutup.

Kilang Balongan Indramayu merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia dengan kapasitas 125 ribu barel per hari ini. 

Kilang VI Balongan Indramayu adalah kilang keenam dari tujuh kilang milik Direktorat Pengolahan Pertamina.

Kegiatan bisnis di kilang Balongan Indramayu adalah mengolah minya mentah yang dipasok dari Minas dan Duri di Provinsi Riau.

Minyak mentah dari Riau itu diolah di Kilang Minyak VI Balongan menjadi bahan bakar minya (BBM), Non BBM dan Petrokimia. 

Kilang Minyak Balongan VI Indramayu yang meledak mulai beroperasi pada 1994 terletak di pesisir Indramayu Jabar. 

 

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT