SEMUA TENTANG MEDAN
 

13 Adab Berhubungan Suami Istri Sesuai Syariat Islam

Jumat, 26 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    EDITOR A. Dadan Muhanda
Ilsutrasi Berhubungan Seks Sesuai Adab Islam (shutterstock)  

AYOMEDAN.ID— Hubungan suami istri merupakan salah satu kebutuhan biologis setiap manusia yang harus dipenuhi. Selain untuk memenuhi kepuasan, hubungan suami istri juga bisa merupakan sebuah ibadah jika dilakukan sesuai syariat Islam dan sunah.

Berikut tata cara dan anjuran hubungan suami isti yang Islami sesuai Sunah yangd irangkum Ayomedan.id

1. Membaca Niat

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah yang pertama adalah membaca niat agar dijauhkan dari pengaruh setan dan diberikan keturunan yang baik. Suami istri juga sebaik berniat melakukan hubungan intim karena Allah SWT agar mendapat pahala dan rida-Nya. Bacalah niat berhubungan suami istri berikut ini.

\"ALLAHUMMA JANIBNASYAITHANA WA JANNIBI SYATHAANAMAA RAZAQTANA.\"

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah aku dari setan dan jauhkanlah setan dari anak yang hendak Engkau karuniakan kepada kami. (HR. Bukhari-Muslim)

 

2. Saling Bercanda dan Menggoda

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah selanjutnya adalah dengan saling bercanda untuk mencairkan suasana. Suami dan istri juga bisa saling menggoda agar lebih nyaman melakukan hubungan intim.

Suami bisa merangkul, mengelus dan mencium istri dengan penuh kasih sayang agar istri merasa nyaman dan terangsang untuk melakukan hubungan intim.

3. Mendoakan Pasangan

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah berikutnya yakni suami mendoakan istri sambil menyentuh ubun-ubun pada kepala istri. Suami hendaknya juga membaca doa berikut.

\"Ya Allah aku memohon kepadaMu munculnya kebaikan darinya dan dari segala apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan dari segala apa yang Engkau ciptakan pada dirinya.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Al Hakim).

4. Salat Sunah Berjamaah

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan melaksanakan salat sunah berjamaah sebanyak dua rakaat. Pastikan pula salat wajib telah kalian laksanakan terlebih dahulu.

 

5. Menyikat Gigi

Sebelum melakukan hubungan intim hendaknya suami istri telah menyikat gigi agar terhindari dari bau mulut yang mengganggu. Berhubungan intim setelah menyikat gigi dapat membuat suami dan istri lebih mesra.

 

6. Membaca Doa

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah yang dianjurkan Islam adalah dengan tidak meninggalkan bacaan doa sebelum melakukan hubungan intim. Doa dapat melindungi suami istri dari godaan setan.

\"Apabila seseorang dari kalian akan bersetubuh dengan istrinya maka bacalah basmalah, dilanjutkan dengan membaca, ‘Ya Allah jauhkanlah aku dari setan dan jauhkalah setan dari anak yang engkau rezekikan kepada kami’, kemudian ditakdirkan dari hubungan itu seorang anak, maka anaknya itu tidak akan dibahayakan oleh setan selama-lamanya.” (HR. Al-Bukhori No. 5165 dan Muslim No. 1434).

7. Memakai Wewangian

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah dengan memakai wewangian. Istri dapat berhias dan memakai wewangian yang menyenangkan suami agar hubungan intim menjadi amal ibadah.

AYO BACA : Kiat Agar Terbiasa Tahajud dan Keutamaan Shalat Malam

 

8. Membersihkan Diri

Mandi atau membersihkan diri sebaiknya suami dan istri lakukan sebelum melakukan hubungan intim untuk menghilangkan rasa lelah dan kondisi fisik kembali segar setelah beraktivitas seharian.

 

9. Membaca Doa saat Ejakulasi

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah selanjutnya adalah dengan membaca doa saat ejakulasi atau saat mencapai kepuasan. Selain membaca doa, suami juga disarankan untuk mengangkat pinggul istri agar air mani suami dapat masuk dengan sempurna ke vagina istri.

 

\"Alhamdulillahilladzi kholaqo minal maai basyaron fajaalahu nasaban wa sihron wakaana robbuka qodiron.\"

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan dari air mani manusia, maka ia menjadikan manusia itu beranak pinak, dan adalah Tuhanmu itu Maha Kuasa.

10. Tidak Melalui Dubur

Cara berhubungan suami istri sesuai sunah adalah tidak berhubungan intim melalui dubur. Peringatan larangan berhubungan intim dari dubur terdapat pada hadis yang dinarasikan Abu Hurrairah berikut ini.

 

\"Siapa saja yang melakukan hubungan badan dengan wanita yang sedang datang bulan, di bagian dubur, datang ke peramal dan percaya yang dikatakan, maka sesungguhnya dia tidak percaya pada apa yang diturunkan pada Muhammad.” (HR. Ibnu Majah)

11. Tidak Telanjang

cara berhubungan suami istri sesuai sunah

Cara Berhubungan Suami Istri Sesuai Sunah (Photo/Freepik/jcomp)

Sebaiknya dalam melakukan hubungan intim, suami dan istri tidak dalam keadaan telanjang dan hendaknya ditutupi dengan selimut. Hal ini dilakukan untuk menjaga dan melindungi satu sama lain terutama saat terjadi bencana secara tiba-tiba.

 

12. Mandi Junub

Mandi junub adalah mandi yang dilakukan setelah suami istri berhubungan intim agar dapat kembali melaksanakan ibadah seperti salat.

 

13. Tidak Berhubungan Intim saat Istri Haid

Saat istri sedang haid atau menstruasi, hubungan intim tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan infeksi jamur. Suami istri masih bisa bermesraan tanpa melakukan hubungan intim yang melibatkan kemaluan.

\"Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang haid, katakanlah bahwa darah haid itu adalah kotoran (najis) maka jauhilah para istri ketika haidnya.\" (Al-Baqarah: 222)

Itulah cara berhubungan suami istri sesuai sunah yang bisa diterapkan oleh para pasangan muslim. Semoga bermanfaat!

AYO BACA : Istri Anda Suka Mendesah Saat Berhubungan Seks? Ini Manfaatnyta

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT