SEMUA TENTANG MEDAN
 

Gempa Berkekuatan 4,8 SR Guncang Sabang

Rabu, 24 Maret 2021
PENULIS suara.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Gempa di Sabang Aceh  

AYOMEDAN.ID- Gempa berkekuatan magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Sabang, Aceh. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada Rabu (24/3/2021) pukul 13.44 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 5.25 LU dan 94.41 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 123 km Barat Daya Kota Sabang-Aceh pada kedalaman 10 km.

"Jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia," kata Plt. Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan, Eridawati.

Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Banda Aceh dengan Skala Intensitas II-III MMI.


"Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang hingga Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu," ujarnya.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

"Hingga pukul 14.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock)," ujar Eridawati.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tukasnya.

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT