SEMUA TENTANG MEDAN
 

Kalian Warga Medan Lolos ke IPB dan UNPAD? Begini Cara Daftar Ulang

Rabu, 24 Maret 2021
PENULIS suara.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Lolos SNMPTN ke IPB dan UNPAD c  

AYOMEDAN.ID - Apakah kalian warga Medan salah satu dari peserta yang lolos SNMPTN 2021 di UNPAD, IPB, dan UI? Jika iya, berikut cara daftar ulang peserta SNMPTN di Unpad, IPB, dan UI.

Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 sudah bisa diakses sejak Senin, 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB di laman LTMPT. Setelah tahap pengumuman, bagi peserta yang lolos SNMPTN harus melakukan proses daftar ulang di PTN masing-masing.

Cara Daftar Ulang di UNPAD

Berdasarkan informasi di laman smup.unpad.ac.id, tahapan registrasi dan unggah dokumen akan dilakukan secara daring. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unggah dokumen dan melengkapi biodata

Calon mahasiswa diminta melengkapi biodata dan unggah dokumen di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai 24-30 Maret 2021 pukul 17.00 WIB.

Dokumen yang harus diunggah antara lain: 

-Kartu Peserta SNMPTN (asli)

- KTP/Kartu Siswa (asli)

    - Kartu Keluarga (asli)

    - Akte Kelahiran (asli)

    - Ijazah asli atau Surat Keterangan Lulus SMA/MA/SMK/setara

     - Rapor asli SMA/MA/SMK/setara

Untuk daftar lengkap dokumen yang harus diunggah dapat dilihat pada link berikut ini. Dokumen persyaratan registrasi yang diunggah harus berupa format digital (JPG atau PDF) dengan ukuran file maksimal adalah 1MB.

2. Verifikasi data

Pihak Unpad akan memverifikasi data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa (termasuk pendaftar KIP-Kuliah). Jika ada data yang dinilai tidak valid, maka Unpad akan menghubungi calon mahasiswa melalui nomor Hp atau email yang telah dicantumkan. Proses ini berlangasung pada 30 Maret-9 April 2021.

3. Pembayaran biaya kuliah

Calon mahasiswa menyelesaikan pembayaran uang kuliah melalui bank yang ditunjuk (BCA, BJB, BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI syariah, BRI Syariah, Bank Bukopin Syariah, atau Bank Mandiri Syariah) mulai 5-9 April 2021. Besarannya dapat diketahui di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/

 

4. Penerbitan KTM

 

Di waktu yang sama, setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan: - Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM digital ke masing-masing mahasiswa baru paling lambat 9 April 2021; - Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) akan diberikan pada calon mahasiswa setelah semua ketentuan terpenuhi. 

 

Jika ada salah satu persyaratan juga ketentuan di atas tidak dilenuhi hingga batas waktu yang ditentukan, yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Unpad.

 

Cara Daftar Ulang SNMPTN di IPB ( Institut Pertanian Bogor )

 

Berdasarkan siaran pers tanggal 22 Maret 2021, berikut ini adalah langkah-langkah daftar ulang yang harus dilalui peserta SNMPTN 2021 yang dinyatakan lolos di IPB:

 

        Unggah dokumen Unggah seluruh dokumen yang telah disebutkan dalam surat pengumuman rektor pada laman registrasi.admisi.ipb.ac.id

        Login menggunakan nomor pendaftaran serta tanggal lahir, sama seperti login pengumuman SNMPTN. Waktu pengunggahan dimulai pada tanggal 23 Maret 2021.

Cara Daftar Ulang SNMPTN di UI ( Universitas Indonesia )

 

Berdasarkan informasi di laman resmi Penerimaan UI, berikut ini adalah tahapannya yang sejauh ini sudah dapat diakses:

 

        Verifikasi rapor Calon mahasiswa baru diwajibkan untuk mengunggah kartu tanda peserta SNMPTN Tahun Akademik 2021/2022

        Scan rapor asli semester 1-5 dalam satu file PDF di laman penerimaan.ui.ac.id/verifikasi. 

        Proses verifikasi ini bisa dilakukan pada tanggal 23 - 31 Maret 2021.

Bagi calon mahasiswa baru yang tidak menyelesaikan proses verifikasi ini hingga batas waktu yang ditentukan, akan dianggap mengundurkan diri dan tidak dapat melanjutkan menjadi mahasiswa baru UI. Pengumuman peserta yang lolos verifikasi rapor akan dilakukan di laman penerimaan.ui.ac.id/verifikasi pada tanggal 5 April 2021 pukul 13.00 WIB dan memperoleh NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) untuk melanjutkan ke tahap berikutnya (Pra-Registrasi).

 

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT