SEMUA TENTANG MEDAN
 

Anak Kambing Bermata Satu Mirip Dajal Bikin Heboh di Simalungun

Jumat, 19 Maret 2021
PENULIS Editor    SOURCE suara.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Anak Kambing bermata satu mirip dajal bikin heboh di medan  

AYOMEDAN.ID--Warga Desa Nagari Purwosari, Pematang Bandar, Simalungun, Sumatera Utara dibuat heboh. Pasalnya, seekor anak kambing bermata 'Dajjal' atau mata satu lahir di sana. Anak kambing milik Sukiman tersebut lahir pada Selasa (16/3/2021) malam, dengan kondisi sehat.

Dilansir Suara.com, jaringan berita ayomedan.id, Keanehan hanya terjadi di bagian wajah kambing tersebut, dengan memiliki satu mata berukuran besar.
 
Mengenai fenomena anak kambing bermata Dajjal ini, drh Ita menjelaskan hal itu merupakan hal biasa dikarenakan kelainan genetik dari induk hewan.
 
"Bisa juga dari perkawinan sedarah hewan, misal kambing ini punya anak jantan dan dewasa, bila peternak tidak kontrol, bisa membuahi induknya dan itu bisa menimbulkan kelainan genetik," katanya, kepada SuaraSumut.id, Kamis (17/3/2021).
 
Dokter hewan yang pernah bertugas di Tim Satwa Sibolangit BKSDA Sumatera Utara ini menjelaskan selain faktor genetik, asupan nutrisi juga mempengaruhi kecacatan pada hewan ternak.
 
"Bisa kekurangan protein, bisa mineral, sehingga pembentukan tubuh hewan tersebut tidak sempurna," kata drh Ita.
Begitu juga dengan perawatan anak kambing ini, tidak ada yang berbeda dengan kambing normal lainya.
 
"Kalau merawat gak ada masalah selagi mau makan, mau menyusui, karena umur satu sampai tiga bulan itu masih menyusui," tandasnya.
Diketahui, kemunculan anak kambing ini juga menjadi viral. Video anak kambing dengan mata yang begitu besar, bahkan besar lebihi mulutnya itu pun beredar luas di media sosial.
Dalam video berudrasi 26 detik yang beredar kambing berwarna cokelat putih itu, dipisahkan dengan kambing lainnya. Bayi kambing itu juga tampak sehat.
Warga yang mendokumentaskan video tersebut, Rum Ahmad Yusuf (36), mengatakan dirinya mengambil video, itu pada Rabu (17/3/2021) kemarin.
Ia tak sengaja melihat kambing itu ketika pergi ke kampung orang tua di Pematang Bandar untuk ziarah.
"Ada saudara yang cerita soal kambing itu, jadi langsung lihat," ungkapnya.
Rum pun mengaku kaget melihat bentuk kambing itu. Dia menuturkan, kambing itu milik warga setempat bernama Sukiman.
Dari pengamatan di kandang kambing, kata Rum kondisi kambing dalam keadaan sehat. Namun dia belum bisa berjalan secara sempurna.
"Bayi kambing itu masih meminum susu dari botol, karena belum bisa disusui induknya," pungkasnya.
 
TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT