SEMUA TENTANG MEDAN
 

5 Fakta Unik Danau Toba, Destinasi Wisata Utama di Sumut

Rabu, 17 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    EDITOR A. Dadan Muhanda
Panorama dan keindahan Danau Toba (Suara.com)  

AYOMEDAN.ID— Danau Toba merupakan danau terbesar dan termegah di Indonesia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mi), dan kedalaman 505 meter. Danau terbentuk lokasi letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu dan kemudianmemicu perubahan iklim global.

Kini, Danau Toba merupakan salah satu destinasi utama saat pelesir ke Sumatera Utara. Danau Toba memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk disimak

Tahukah Anda bahwa baru-baru ini, ada temuan ikan mas raksasa di sana? Ada juga pilihan spot Instagramable untuk melihat Danau Toba dari ketinggian.

Simak rangkuman fakta unik tentang Danau Toba dari Suara.com, jaringan berita ayomedan.id berikut ini:

1. Viral Temuan Ikan Mas Jumbo di Danau Toba, Warganet Malah Resah

Seekor ikan mas berukuran jumbo berhasil ditangkap warga di Danau Toba, Tao Silalahi, Sumatera Utara belum lama ini.

Temuan tersebut seketika viral di media sosial. Tak sedikit warganet yang justru merasa resah dengan kemunculan ikan mas berukuran 15 kg tersebut. Kenapa?

2. UNESCO Tetapkan Danau Toba Jadi Pariwisata Tingkat Dunia

Danau Toba ditetapkan menjadi salah satu destinasi pariwisata super prioritas tingkat dunia oleh UNESCO Global Geopark (UGG) pada sidang ke-29 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris pada 2 Juli lalu.

Menparerkaf Wishnutama menjelaskan, melalui pengembangan geopariwisata yang berkelanjutan, diharapkan akan membuat masyarakat setempat memiliki peluang untuk meningkatkan budaya, produk lokal, dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

3. Mulai Dibuka, Danau Toba sudah bisa Dikunjungi Turis

Ingin menikmati keindahan Danau Toba di Sumatera Utara? Bersabarlah, sebab saat ini Danau Toba baru dibuka untuk penduduk Sumatera Utara.

Dilansir VOA Indonesia, Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan Danau Toba akan dibuka kembali secara bertahap untuk para wisatawan mulai Sejak 2020.

4. Bukit Siadtaratas, Spot Cantik Untuk Melihat Danau Toba dari Ketinggian

Saat berwisata ke Sumatera Utara, Danau Toba menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

Sebagai danau kaldera sekaligus danau terbesar di Indonesia, tidak heran jika Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia.

5. Liburan ke Samosir, Ini 3 Destinasi Pantai Pasir Danau Toba

Wisata Danau Toba menjadi daya tarik wisatawan saat menyambangi Sumatera Utara.

Namun, tidak melulu dari Parapat melihat air danau dari jalan. Anda harus menyeberang ke Samosir dan mengunjungi objek wisata pantai pasir Danau Toba.

 

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT