SEMUA TENTANG MEDAN
 

Ayo Nikmati Pemandian Soda Tarutung di Tapanuli Utara

Jumat, 12 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    SOURCE suara.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Pemandian Soda Tarutung  

AYOMEDAN.ID--Salah satu kekayaan alam yang bisa ditemukan di Indonesia ketika berwisata adalah pemandian air panas atau mata air yang dapat digunakan untuk berendam.

Meski begitu, tahukah Anda jika Indonesia juga punya pemandian yang unik? Saking uniknya, pemandian macam ini hanya ada dua di dunia. Nama pemandian tersebut adalah Pemandian Air Soda Tarutung. Lokasinya ada di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, tepatnya satu kilometer dari pusat kota Tarutung.

Seperti namanya, pemandian air soda ini memiliki air yang serupa dengan minuman berkarbonasi. Kolam ini sendiri konon ditemukan seorang bidan bernama Minar Sihite. Tak cuma memiliki air mirip soda, rasanya pun serupa.

Pemandian Air Soda di Tarutung ini buka sejak tahun 1976 silam. Selain di Indonesia, kolam air soda hanya bisa ditemukan di Venezuela. Di pemandian air soda, pengunjung bisa bebas berendam sekaligus menikmati panorama sawah dan Lembah Silindung yang ada di sekitarnya.

Sementara, air pemandian yang memiliki buih-buih bak soda ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit. Pemandian ini sendiri memiliki kedalaman 1,8 meter. Saat berendam, wisatawan bisa merasakan sensasi buih-buih soda yang menempel di badan.

Sementara dari Sibolga, pemandian ini dapat dicapai dalam waktu 2,5 jam saja. Nah, travelers tertarik untuk menjajal berendam di mata air langka yang satu ini?  Untuk mengunjungi Pemandian Air Soda Tarutung ini, wisatawan cukup menempuh perjalanan 40 menit saja dari bandara Silangit.

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT