SEMUA TENTANG MEDAN
 

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Semburkan Awan Panas

Jumat, 12 Maret 2021
PENULIS A. Dadan Muhanda    SOURCE suara.com    EDITOR A. Dadan Muhanda
Gunungf Sinabung Erupsi  

AYOMEDAN.ID--  Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), dua kali erupsi hari ini, Kamis (11/3/2021). Kepala Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra mengatakan, erupsi pertama terjadi pukul 07.37 WIB. Ketinggian kolom abu mencapai 1.000 meter.

Erupsi kedua terjadi ekitar pukul 07.45 WIB dengan kolom abu setinggi 700 meter. Selain itu, Gunung Sinabung juga meluncurkan awan panas sejauh selama dua kali. "Guguran awan panas pertama terjadi sekitar pukul 09.22 WIB dengan jarak luncur sejauh 3.000 meter," katanya, dilansir dari suara.com.

"Sedangkan guguran awan panas kedua terjadi pukul 09.29 WIB dengan jarak luncur 2.000," sambungnya. Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).

Ia mengimbau warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila ke luar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," tukasnya.

 

TAG TERKAIT

BERITA TERKAIT