AYOMEDAN.ID—TikTok merilis sebuah hasil survey yang dilakukannya. Survei ini mengenai habit orang Indonesia dalam menggunkan media sosial berbasis video pendek tersebut.
TikTok selama ini menjadi salah satu aplikasi yang kerap digunakan warga +62 dalam mencari hiburan, film, belanja, dan lainnya.
Lalu, seperti apa hasil survey TikTok mengenai habit orang Indonesia?
Baca Juga: Instagram Mulai Batasi Usia Penggunanya Khusus untuk Konten Sensitif
Berikut penjelasannya yang dilansir dari suara.com, Survei TikTok menunjukkan kalau orang Indonesia menyukai konten belanja yang berbalut hiburan atau disebut mereka sebagai Shoppertainment.
Riset bertajuk Shoppertainment: APAC's Trillion-Dollar Opportunity dilakukan TikTok bersama Boston Consulting Group (BCG).
Riset ini melibatkan responden di seluruh pasar Asia Pasifik termasuk Indonesia, Thailand, Vietnam, Australia, Korea Selatan, dan Jepang.
Baca Juga: Dilaporkan ke Polisi oleh Gus Samsudin, Pesulap Merah malah Bilang Begini
Shoppertainment adalah pendekatan penjualan dan promosi yang berbasis konten digital serta menggabungkan unsur hiburan serta edukasi.
Pendekatan ini menciptakan cara yang menarik bagi brand untuk mengubah interaksi mereka dengan konsumen melalui format "video-first, sound-on".
Vice President of Global Business Solutions TikTok APAC, Sam Singh mengatakan, Shoppertainment menggabungkan konten, culture, dan kegiatan penjualan dengan cara yang mulus.
Baca Juga: Cara Menambahkan Link di Story Instagram, Cocok Buat Share Artikel Berita atau Jualan Online
Dengan begitu, brand dapat berinteraksi dengan audiens selama berbelanja, tanpa terlalu 'berjualan' secara terang-terangan.
"Brand pun akhirnya mampu menyentuh kebutuhan fungsional dan emosional pelanggan, sehingga bisa tercipta hubungan yang lebih kuat dan lebih lama," kata Singh dalam keterangannya, Jumat (26/8/2022).