Genap Berusia 18 Tahun, BTN Syariah Tetap Fokus Dukung Program Rumah Nasional

- Rabu, 15 Februari 2023 | 12:00 WIB
BTN Syariah Telah Menyalurkan Pembiayaan Lebih Dari Rp19 Triliun Yang Dimanfaatkan Untuk Mendukung Sekitar 318.000 Unit Rumah Bagi Masyarakat Indonesia.
BTN Syariah Telah Menyalurkan Pembiayaan Lebih Dari Rp19 Triliun Yang Dimanfaatkan Untuk Mendukung Sekitar 318.000 Unit Rumah Bagi Masyarakat Indonesia.

PONTIANAK, AYOMEDAN.ID - Setelah memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 pada tanggal 9 Februari lalu, hari ini tanggal 14 Februari 2023, Unit Usaha Syariah Bank Tabungan Negara (UUS BTN) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. merayakan ke 18 tahun terbentuknya UUS BTN atau BTN Syariah.

BTN Syariah menjadi pendukung utama bisnis Bank BTN, khususnya di segmen pembiayaan perumahan telah berkontribusi menyalurkan pembiayaan untuk lebih dari 318.000 rumah bagi masyarakat Indonesia.

"Seluruh insan BTN Syariah harus terus meningkatkan kompetensi dan senantiasa berbenah diri untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian dan keuangan syariah didalam ekosistem perekonomian syariah, " kata Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo saat menyampaikan pidatonya secara virtual pada acara perayaan HUT BTN Syariah ke-18 yang berpusat di Kota Pontianak, Selasa (14/2)

Sementara itu, Direktur Consumer Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, jejak langkah Bank BTN Syariah selama 18 tahun tidak lepas dari dukungan seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, BP Tapera dan pengembang serta masyarakat Indonesia yang mempercayakan kebutuhan finansialnya kepada BTN Syariah.

Baca Juga: Mengenal Ragam Fitur BTN Mobile, SupperApp Bikinan Bank BTN

BTN Syariah hadir memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mengakses produk perbankan yang berbasis prinsip syariah, dan mengembangkan produk tabungan maupun pembiayaan sesuai dengan tujuan nasabah,” kata Hirwandi..

Selama 18 tahun berdiri, Hirwandi, mengakui bahwa kiprah BTN Syariah dominan di segmen pembiayaan perumahan. Tercatat pembiayaan yang disalurkan BTN Syariah selama 18 tahun mencapai lebih dari Rp 19 triliun untuk pembiayaan perumahan subsidi dan lebih dari Rp 9,9 triliun untuk pembiayaan perumahan non subsidi.

“Kami berterimakasih kepada 1 juta nasabah kami, dan sekitar 250.000 nasabah pembiayaan yang setia bersama BTN Syariah, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dan produk yang lebih inovatif,” kata Hirwandi

Inovasi yang dilakukan BTN Syariah, menurut Hirwandi berkembang dari sisi pembiayaan misalnya mengintegrasikan sistem host to host dengan Kementerian PUPR dan BP Tapera sebagai pengelola program. Kemudian meracik produk pembiayaan bagi generasi milenial yaitu KPR HITS yang memudahkan para milenial untuk dapat memiliki rumah dengan jangka waktu yang panjang sampai dengan 30 tahun dan angsuran yang fleksibel.

Baca Juga: Foto-foto Bank BTN Anniversary Festival 2023 yang Dihadiri 14 Ribu Peserta

Nasabah juga diberikan kemudahan dalam memilih rumah dan melakuan pengajuan KPR secara online melalui web portal BTN Property yang memungkinkan calon nasabah untuk dapat mengetahui informasi perumahan yang diidamkan dan kemudahan pengajuan KPR serta memberikan layanan proses persetujuan KPR BTN iB yang cepat dan mudah bagi calon nasabah melalui program One Day Approval.

“Secara digital kami juga mengembangkan bisnis berbasis digital & transaction banking seperti pengembangan Mobile Banking dan Digital on Boarding, CMS , Virtual Account dan internet banking , melakukan pengembangan produk dan layanan syariah pada Islamic Ecosystem (Segmentasi Lembaga Filantropi, Pendidikan Islam, Masjid, dan KBIH ) serta mengembangkan Dana Pihak Ketiga berbasis Wakaf,” paparnya.

Hirwandi mengaku tantangan ke depan bagi BTN Syariah akan menjadi peluang untuk mengembangkan bisnisnya. Tahun ini, BTN Syariah rajin berekspansi dengan menambah outletnya, tercatat 33 Kantor Cabang Syariah, 67 Kantor Cabang Pembantu Syariah dan 5 Kantor Kas Syariah serta 599 Kantor Layanan Syariah.

“Tahun 2023 sudah kami rencanakan akan membuka satu Kantor Cabang Syariah, 4 Kantor Cabang Pembantu Syariah dan 4 Payment Point Syariah sehingga dapat mempercepat pencapaian target kami tahun ini,” jelas Hirwandi.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Rekomendasi Motor Listrik dengan Harga 10 Jutaan

Kamis, 30 Maret 2023 | 16:00 WIB

DPR Apresiasi Kinerja Bank BTN

Rabu, 29 Maret 2023 | 17:46 WIB
X