JAKARTA, AYOMEDAN.ID - Pola transaksi masyarakat yang beralih dari transaksi konvesional ke platform digital direspon oleh industri keuangan dengan beragam produk dan layanan keuangan digital.
Tak terkecuali dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI yang berhasil menjawab kebutuhan dan berubahnya pola transaksi masyarakat secara digital yang melonjak sejak terjadinya pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir.
Keberhasilan BRI menyediakan layanan digital banking tersebut ditunjukkan dari mayoritas transaksi nasabah BRI melalui platform digital yang mencapai porsi 98,41% pada Tahun 2022. Sehingga, BRI tinggal menyisakan layanan berbasis cabang (Branch-Based) sebesar 1,59%.
Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Digital dan Teknologi Informasi Arga M. Nugraha dalam acara Global Network Week 2023 pada Selasa (14/3/2023).
Arga menambahkan bahwa peningkatan pelayanan digital terus diupayakan guna memberi kemudahan dan kepuasan kepada pelanggan yang berujung pada peningkatan volume transaksi BRI secara keseluruhan.
Baca Juga: UMKM Kerajinan Pemilik Silver Play Button Manfaatkan LinkUMKM BRI untuk Promosi
“Nasabah kami telah beralih dari transaksi berbasis kantor cabang ke saluran transaksi digital. Jumlahnya terus meningkat sejalan dengan perjalanan transformasi digital pelanggan," kata dia.
"Kenyamanan nasabah menjadi unsur penting bagi BRI, dengan transformasi layanan di dalamnya,” ucapnya, menyadur keterangan resminya.
Seperti diketahui, Arga juga menambahkan, adanya transformasi digital ini juga menjadi pendorong pencapaian laba BRI sebesar Rp51,4 triliun pada Tahun 2022 yang merupakan laba tertinggi sepanjang sejarah perbankan nasional.
Seperti diketahui, keberhasilan digitalisasi transaksi ini berdampak terhadap peningkatan fee based income BRI, khususnya yang berasal dari super app milik BRI yakni BRImo.
Pertumbuhan jumlah pengguna (users) aplikasi BRImo juga menunjukkan peningkatan signifikan pada tahun 2022.
Baca Juga: Ini Jadwal Pembayaran Dividen BRI Rp43,94 Triliun untuk Para Investor
Tercatat, jumlah transaksi digital melalui BRImo sebesar 1,82 miliar transaksi atau tumbuh 110% yoy, dengan volume transaksi mencapai sebesar Rp2.669 triliun atau meningkat 98,48% yoy.
Dengan pertumbuhan jumlah user BRImo di Tahun 2022 sebesar 68,46% yoy menjadi 23,8 juta user, BRImo telah mencatatkan fee based income sebesar Rp1,59 triliun.
Artikel Terkait
BRI Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana Erupsi Gunung Merapi
BRI Peduli Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana, Kini Bencana Banjir di Berbagai Provinsi
BRI Berhasil Antarkan UMKM Indonesia ke New York (NY) NOW 2023
Viral SVB Kolaps, BRI Nilai Pengaruhnya Minim untuk Perbankan Indonesia
BRI Jalin Kerja Sama dengan BUMN Holding Industri Pertambangan